Pages

Selasa, 28 Juni 2011

CURUP TENANG

3 komentar
 

Air terjun ini terletak di dekat Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, sekitar 56 km di selatan Muara Enim, jikalau ditempuh dari baturaja kurang lebih berjarak 80 Km dengan waktu tempuh 1,5 jam. Sedangkan dari kota Palembang dapat ditempuh selama lebih kurang 4 jam (210 Km).

Air terjun tertinggi di Sumatera Selatan ini memiliki tinggi 99 meter, Sumber mata airnya berasal dari celah Bukit Barisan dan ke bawah membentuk sebuah sungai kecil yang deras. Curup tenang atau juga warga sekitar menyebutnya Curup Bedegung merupakan objek wisata alam andalan daerah ini.

Untuk bisa menikmati langsung curup ini, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk, mulai dari Rp 3000 hingga Rp 20.000 per orang.

Harga tiket bervariasi, apabila pengunjung datang pada saat liburan maka harga tiket cenderung lebih mahal. Apabila pengunjung ingin bermalam, ada beberapa tempat penginapan yang bisa anda gunakan yang letaknya cukup dekat dengan curup ini. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga bisa menghibur diri di tempat pemancingan atau berarung jeram disungai deras ini.

Untuk memudahkan para pengunjung mendekati air terjun, tersedia jalan setapak sepanjang 600 meter yang dibangun di tepi sungai dan sebuah jembatan yang melintasi sungai kecil yang deras itu. Sedangkan di atas sungai tersedia lapangan parkir, warung-warung yang menyediakan makan dan minuman. Dan agak ke hilir, terdapat sebuah tempat pemandian alam dan tempat memancing, lengkap dengan fasilitasnya.

Bagi para pengunjung yang berasal dari tempat jauh, tempat ini juga sudah dilengkapi dengan penginapan yang sudah cukup memadai.

Air terjun alami ini merupakan tempat rekreasi yang memberikan kesejukan bagi pengunjung karena hembusan angin yang membawa butiran-butiran air yang berhamburan akibat jatuh dari atas ketinggian.

bila musim buah tiba, kita dapat membeli buah musiman yaitu buah duku dan juga buah durian dari warga disepanjang jalan dengan harga yang murah.



3 Responses so far.

  1. Anonim says:

    Mang.. aku teratrik dengan foto curup tenangnye...
    aku masukkan sebagai bahan blog yo.

    http://semende.wordpress.com/2011/11/13/resensi-film-pengejar-angin-dapunta/

    Itupun kalo berkenan dan mendapat izin saya masukkan, tpi kalo tidak nanti saya hapus kontennya

    Sebagai sumber saya sertakan juga sumber kutipan.

    Terima kasih

  2. IYON says:

    kiranya dapat bermanfaat, silhakan saja ...

  3. Unknown says:

    izin sedot ya mas..

Leave a Reply