Pages

Jumat, 07 Januari 2011

PUNCAK SUROLOYO

0 komentar
 
Puncak Suroloyo terletak di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh Kulon Progo DIY. Merupakan salah satu bukit tertinggi di pegunungan Menoreh dengan ketinggian kurang lebih 1.000 meter dpl. Dari atas Puncak Suroloyo ini kita bisa menikmati bentangan alam yang sangat indah. Saat cuaca cerah di pagi hari, kita bisa memandang enam pucuk gunung besar di Jawa Tengah yaitu, Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Ungaran dan Puncak Telomoyo. Krna letaknya berbatasan langsung denganKabupatenMagelang, sambil merasakan sejuknya udara pegunungan dari atas suroloyo, wisatawan dapat menikmati pesona matahari terbit, sedangkan ke arah utara dari Puncak Suroloyo ini dapat dilihat kemegahan Candi Borobudur Kabupaten Magelang.

Puncak Suroloyo ini juga mempunyai mitos sejarah, yang tertulis di dalam Kitab Cabolek yang ditulis Ngabehi Yasadipura pada sekitar abad ke-18 menyebutkan, suatu hari Sultan Agung Hanyokrokusumo yang kala itu masih bernama Mas Rangsang mendapat wangsit agar berjalan dari Keraton Kotagede kearah barat. Petunjuk itupun diikuti hingga dia sampai di puncak Suroloyo ini. Karena sudah menempuhjarak sekitar 40 km, Mas Rangsang merasa lelah dan tertidur di tempat ini. Pada saat itulah, Rangsang kembali menerima wangsit agar membangun tapa di tempat dia berhenti. Ini dilakukan sebagai syarat agar dia bisa menjadi penguasa yang adil dan bijaksana.


sebelum sampai di puncak suroloyo, kita bisa mampir dulu di GUNUNG KENDIL, Dari atas gunung kendil kita dapt melihat indahnya puncak suroloyo dan juga sungai Progo yang mengalir membelah hamparan hijau.


Puncak Suroloyo dilihat dari Gunung Kendil

Saat hari biasa Gunung kendil justru lebih ramai di datangi pengunjung dari luar kota maupun penduduk setempat.


Puncak Gunung Kendil

Di obyek wisata Suroloyo ini ada beberapa tempat yang berbau mitologis, yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan, antara lain :
- Puncak Sariloyo
- Tegal Kepanasan
- Sendang Kadewatan
- Sendang Kawidodaren
- Pertapaan Kaendran
- Pertapaan Mintorogo

Leave a Reply